ORPOL ISLAM DAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH






Eksistensi ideologi Darul Islam kurang mendapat sambutan di masyarakat Jawa, baik di Jawa Tengah maupun di Jawa Timur. Hal itu dikarenakan, jauh sebelum Darul Islam muncul, masyarakat Jawa telah memiliki kebudayaan dan kepercayaan tersendiri yang telah berakar umbi. Oleh karena itu kepribadian Islam yang tumbuh di daerah-daerah lain  di wilayah Indonesia terlihat berbeda dengan masyarakat di Jawa, dimana kepribadian Islamnya tampak sangat lemah.
Pada awal abad ke-20, di Indonesia telah muncul banyak organisasi Islam.  Dan yang paling terkenal diantaranya adalah Syarikat Islam (SI) dan Nahdhatul Ulama (NU). Sebagai organisasi politik Islam modern pertama di Indonesia, Syarikat Islam yang berdiri tahun 1912 berdasarkan pada  prinsip-prinsip perlawanan terhadap penjajah, dengan  cepat  mendapatkan    pendukung. Organisasi ini mencapai masa kejayaannya pada awal tahun 1920-an. Pada th 1926 - 1927
meletus revolusi melawan Belanda di Jawa Barat dan Sumatera Barat. Revousi yang didalangi
oleh kelompok Islam kiri ini mengalami kegagalan. Oleh karena itu seluruh tokoh dan pemimpin mereka, baik dari kalangan Islam maupun komunis dibuang oleh Belanda ke tanah Merah yang terletak di Papua Barat (Irian Jaya sekarang, pent.).


EmoticonEmoticon