ABSTRAK

ABSTRAK


Mujiharto Panga. 921411144. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Sikap Etis Mahasiswa (Stidi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). Skripsi. Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak La Ode Rasuli S.Pd. SE. M.SA dan Ibu Mahdalena, SE, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari Kecerdasan Emosional (X1), Kecerdasan Spritual (X2) dan Kecerdasan Sosial (X3) terhadap Sikap Etis Mahasiswa. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada para responden. Responden dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo yang dipilih berdasarkan perhitungan sampel dengan Menggunakan purposive sampling. Data di analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 20.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial hanya variabel kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Untuk variabel kecerdasan spritual dan kecerdasan sosial secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Secara Simultan (bersama-sama) variabel kecerdasan emosional, kecerdasan spritual dan kecerdasan soaial berpengaruh signifikan terhadap sikap etis mahaiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Hasil pengujian ini didukung pula oleh nilai koefisien determinasi sebesar 5,7%.


 Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, Kecerdasan Sosial, Sikap Etis Mahasiswa.
First


EmoticonEmoticon