FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI PENGGUNAAN WEB SITE PERUSAHAAN GO-PUBLIC DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI OLEH INVESTOR POTENSIAL



Teknologi internet, sebagai salah satu bentuk dari perkembangan teknologi informasi, telah berkembang dengan sangat pesat. Dunia bisnis berlomba-lomba meluncurkan web site mereka masing-masing, dan menawarkan berbagai macam produk atau jasa, baik fisik maupun digital. Berbagai pihak yang terkait dengan perusahaan, seperti investor, konsumen, pemerintah, organisasi profesional, dll, juga ikut berperan serta dalam penggunaan teknologi tersebut. Salah satu pihak yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah investor, terutama investor potensial.
Tingkat penggunaan teknologi internet oleh perusahaan go-public di Indonesia masih bervariasi. Ada perusahaan yang belum menerapkan teknologi tersebut sama sekali, ada yang hanya menggunakan e-mail sebagai sarana komunikasi, ada yang ikut berperan serta dalam suatu public web site, dan ada yang telah meluncurkan web site mereka sendiri. Perusahaan yang telah membangun web site mereka sendiri mempunyai berbagai macam tujuan, yang biasanya disesuaikan dengan strategi bisnis atau sasaran web site. Jika sasaran web site adalah konsumen, maka perusahaan dapat melakukan business-to-customer e-commerce, atau jika sasaran web site mencakup supplier atau rekan bisnis, maka perusahaan dapat membangun suatu business-to-business e-commerce. Web site juga dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pihak-pihak yang dianggap penting oleh perusahaan. Sebagai contoh, sebagian besar web site perusahaan go-public kini telah menyediakan satu menu tentang investor relation. Web site tersebut memuat informasi-informasi yang dianggap penting bagi perusahaan untuk menjaga hubungan dengan investor atau menarik investor potensial untuk melakukan keputusan investasi.
Penelitian ini berusaha menguji pengaruh faktor-faktor motivasional terhadap intensi keperilakuan (behavioral intention) penggunaan web site perusahaan go-public oleh investor. Secara khusus, penelitian ini mencoba melihat dampak faktor-faktor motivasional tersebut terhadap penggunaan web site perusahaan go-public dalam hubungannya dengan pengambilan keputusan investasi oleh investor. Faktor-faktor motivasional yang dipergunakan ada 3 macam, yaitu persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), persepsi kegunaan (perceived usefulness), serta persepsi nilai informasi (perceived informativeness) web site perusahaan go-public. Kedua faktor pertama diadopsi dari technology acceptance model (TAM) yang telah banyak dipergunakan dalam penelitian teknologi informasi. Faktor ketiga, yaitu persepsi nilai informasi, dikembangkan dari bidang pemasaran. Secara khusus, indikator nilai informasi tersebut diadopsi dari penelitian Ducoffe (1996) tentang nilai periklanan di Web dengan beberapa penyesuaian agar sesuai dengan tujuan penelitian.
Pembahasan dalam penelitian ini selanjutnya akan dibagi menjadi beberapa bagian. Setelah pendahuluan, pada sub-bab berikut akan dibahas mengenai kerangka teoritis dan pengembangan hipotesis yang masih akan dibagi lebih lanjut berdasarkan variabel-variabel penelitian. Sub-bab selanjutnya akan membahas mengenai metode riset yang digunakan, yang mencakup metode seleksi dan pengumpulan data, pengukuran dan definisi operasional variabel, serta metode analisis data.


DWI NOVI KUSUMAWATI
Universitas Gajah Mada Yogyakarta  


EmoticonEmoticon